Bisnis Dropship & Bagaimana Cara Menjadi Dropship Untuk Pemula

Kita tahu bahwa di zaman sekarang ini banyak orang yang menggunakan sosial media. Nah ini kesempatan untuk Anda bisa mendapatkan uang dari sana. Buatlah orang-orang mengetahui berinteraksi dengan Anda, mengetahui siapa Anda, dan produk yang Anda jual itu apa. Anda dapat memilih produk sesuai dengan minat atau produk yang memiliki prospek yang bagus dan memiliki keuntungan yang besar.

Apa itu dropshipper

Dengan begitu akan ada banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Menjalankan bisnis dropship, kamu tidak perlu repot memproduksi barang sendiri ataupun memikirkan tentang stok barang yang akan dijual. Karena hal itu, risiko kerugian menjalankan dropship sangatlah minim atau bisa dikatakan tanpa resiko. Kamu bisa memfokuskan pikiran dan tenaha kamu hanya untuk strategi pemasaran dan listing building. Supaya tidak terjadi miskomunikasi dengan supplier perihal stok barang, carilah provider yang kompeten.

Selama kita dapat berkomunikasi dengan reseller dan pemmbeli dengan mudah, kita dapat menjalankan dan mengelola bisnis dropshipping kita. Mungkin keuntungan terbesar dari melakukan dropshipping adalah bahwa dropshipping membuat mungkin untuk memulai sebuah toko e-commerce tanpa harus berinvestasi jutaan rupiah untuk membeli persediaan barang. Secara tradisional, pengecer harus membeli sejumlah besar barang sebagai persediaan stok untuk dijual. Peluang bisnis sebagai dropshipper juga cukup menjanjikan seiring dengan meningkatnya aktivitas jual beli on-line masyarakat Indonesia. Selain itu, Anda tidak terikat dengan jam buka seperti halnya toko offline.

Kedua metode di atas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan catatan, anda harus memahami dan bisa memantau stok di supplier. Tapi jika sebaliknya, atau kebetulan reseller maupun pelanggan dari provider ternyata sedikit, maka anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu. Banyak pemasok menjual produk yang tidak memiliki tujuan atau goal pasar yang jelas.

Selain itu, seorang dropshipper tidak perlu memikirkan masalah proses pengiriman seperti packing dan lain-lain, karena semuanya sudah dihandle oleh pihak provider. Jika tidak, maka modal yang sudah anda keluarkan akan sia-sia. Untuk yang belum tahu, yuk kita simak lebih dekat mengenai dropshipping.

Sehingga harga yang dijual atau dipromosikan selalu berubah-ubah dikondisikan sesuai dengan harga yang ditentukan oleh provider. Oleh karena itulah terkadang dropshiper jarang memberikan diskon berlebih pada konsumen. Reseller juga memiliki resiko yang hampir sama, namun pada level yang relatif lebih besar, karena selain biaya pemasaran, reseller juga mengeluarkan biaya untuk membeli inventory produk. Jadi, jika produk tidak laku di pasaran, kerugiannya akan lebih besar daripada drop shipper. Dalam hal ini, Anda mungkin kehilangan uang untuk transaksi atau bahkan biaya pengiriman jika itu adalah produk fisik. Jadi Anda harus berpengalaman dan yakin produk atau layanan mana yang Anda beli untuk resseling dan perhatikan risiko ini.

Tetap harus ada strategi dan trik-trik yang dilakukan agar selama berjalannya bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan semaksimal mungkin. Dropshipper hanya berfokus mencari konsumen yang akan membeli produk tersebut melalui berbagai channel yang digunakan, baik on-line Slot Pragmatic maupun offline. Sebenarnya sudah dibahas di artikel atas, mengapa dropship tidak termasuk menjual barang yang tidak dimiliki. Jika maushuf maka akad salam, jika mu’ayyan makan termasuk menjual barang yang tidak dimiliki.

Itu karena mereka biasanya sudah berdiri sebagai brand mandiri, kecuali memang jenis produknya adalah print on demand. Untuk mengantisipasinya, penting untuk melakukan riset provider terlebih dulu agar bisa mendapatkan vendor berkualitas untuk toko online Anda. Belum lagi jika provider ternyata tidak memegang amanah dari dropshipper. Seperti mengirim produk yang tidak sesuai atau jumlah item tidak sesuai pesanan. Meski begitu, menjadi dropshipper membutuhkan kejelian Anda untuk melihat peluang produk mana yang berpotensi laku dan laris di pasaran. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan produk potensial untuk meraih keuntungan maksimal.

Dulu, sebelum ada sistem approval untuk penawaran kerjasama, saya harus teliti dalam memilih provider yang terpercaya. Jangan sepelekan langkah ini, karena dengan mengetahui target market, maka Anda bisa memasarkan produk lebih fokus lagi sesuai dengan identitas mereka. Setelah Anda memilih produk yang mau dijual, sekarang saatnya untuk menentukan siapakah target market yang mau Anda sasar. Hindari menjual produk yang sifatnya sementara, sesuai trend, dan seasonal.

Finn