10 Keuntungan Dan Kerugian Bisnis Multi Level Marketing Yang Wajib Diketahui Sebelum Bergabung

Bisnis ini akan memberi kesempatan pada pelanggan mereka untuk berperan sebagai penjual, dan nantinya akan mendapatkan keuntungan dari kemitraan tersebut. Setiap anggota yang bergabung akan disebut sebagai mitra niaga atau distributor. Sistem penjualan dalam bisnis MLM adalah berbasis piramida, atau bisa kita sebut juga dengan pemasaran berantai, jaringan, uni stage advertising, multi technology advertising, serta networking advertising. Langkah pertama terjun dalam bisnis multi degree marketing adalah tentukan produk MLM yang ingin sobat bergabung dengannya.

Sistem kerja anggota MLM jauh berbeda dari sistem kerja kantoran yang umumnya dijalankan. Jika biasanya seseorang harus bekerja secara terus menerus untuk bisa meraup keuntungan, MLM tidak memaksakan anggota MLM untuk terus berjualan. Ini dikarenakan adanya sistem komisi setiap kali anggota MLM berhasil menjual produk dan merekrut anggota baru. Jika Anda menjawab TIDAK untuk poin nomor 3 di atas, Anda berarti hanya akan mencari downline alias nasabah baru, bukan menjual produk. Akibatnya Anda akan terlibat dalam bisnis piramida, bukan jual beli produk.

Apa itu bisnis MLM

Juga, pertimbangkan tuntutan waktu bisnis, seperti pergi ke pelatihan, merekrut distributor baru, mengelola dokumen, mencatat inventaris, dan pengiriman produk. Promotor skema piramida mungkin mencoba merekrut Anda dengan promosi tentang apa yang akan Anda peroleh. Mereka mungkin mengatakan Anda dapat mengubah hidup Anda – berhenti dari pekerjaan Anda dan bahkan menjadi kaya – dengan menjual produk perusahaan. Berdasarkan laporan kegiatan tahunan dari 147 perusahaan di 2019, perusahaan penjualan langsung Indonesia berhasil mencatatkan transaksi penjualan sebesar Rp14,7 triliun dengan melibatkan 5,3 juta mitra usaha.

Perusahaan yang sudah terdaftar di APLI akan memiliki kode etik yang harus dipegang teguh untuk menjalankan bisnisnya. Seperti layaknya memulai sesuatu bisnis legalitas dari perusahaan haruslah jelas. Perusahaan MLM yang aman dan recomended akan memiliki surat izin yang sah dari intansi yang mengurusi masalah perizinan. Selain itu umumnya perusahaan MLM yang sudah valid umumnya akan bergabung ke dalam suatu wadah, dalam hal ini yaitu APLI.

Walaupun harga penjualan yang terkesan merobek kantong, namun khasiat produk Imogen ini tidak diragukan lagi. Ini terjadi karena perusahaan yang menaungi tidak memiliki latar belakang kredibilitas yang bagus. Berbeda jika bisnis MLM dinaungi oleh perusahaan besar seperti NU Skin dan HDI Clover Honey.

Sebut saja deodorant, perawatan wajah hingga suplemen kesehatan. Reputasi perusahaan sudah diakui secara internasional karena namanya sudah tercatat dalam bursa saham New York Stock Exchange. Adalah Nadia Arisca, ibu dari satu orang anak ini telah menjalani bisnis HDI dalam kurun waktu 4 Judi Online bulan. Selain mendapatkan manfaat dari produk HDI, ia mengaku kalau telah mendapatkan keuntungan materi.

Agar kamu dapat mengetahui, bisnis ini prospek atau tidak untuk kamu. Dengan menuliskan replace tentang produk dan peluang usaha, sharing testimoni dan masih banyak lagi membuat anda bisa mengajak orang tanpa harus tatap muka. Asal tidak dilakukan secara berlebihan dan dilakukan dengan cara yang benar dalam promosi. Karena pada dasarnya orang bermain media social bukan untuk melihat iklan dan promosi anda terus menerus. Kalau orang sudah kesal, makai a bisa unfriend atau unfollow kamu.

Sedangkan Anda sebagai perekrut downline disebut dengan upline. Dan orang yang mengajak Anda untuk bergabung di bisnis MLM tersebut juga dapat dikatakan upline. Ketiga gelar tersebut akan diperoleh sesuai dengan pemasukan yang mereka terima setiap bulan. Anda diwajibkan untuk mencari orang yang ingin bergabung seperti Anda. Ketika orang-orang dibawah Anda atau disebut downline mendapatkan penjualan, Anda juga akan mendapatkan bonus penjualan secara langsung.

Finn