Mengenal Apa Itu Dropship Dan Perbedaannya Dengan Reseller, Salah Satu Perbedaannya Ada Pada Modal

Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia – Bisnis on-line belakangan semakin banyak diminati, menyusul tingginya pengguna internet di Indonesia. Salah satu bisnis on-line yang mudah dijalankan adalah dengan sistem dropshipping. Dengan sistem ini, seorang pedagang online tidak perlu memiliki stok produk untuk berjualan. Dalam setiap proses transaksi dropship akan selalu melibatkan 3 pihak yaitu pembeli, penjual dan distributor. Sebetulnya hanya satu yang membedakan antara reseller dan dropship.

Biasanya, mereka yang menggunakan premium member adalah orang-orang yang serius dalam berjualan. Bisnis dropship mulai dikenal oleh publik luas di Indonesia sejak semakin berkembangnya pemanfaatan web. Terlebih lagi manfaatnya untuk memudahkan transaksi yang dulunya konvensional kini menjadi serba digital. Ini pula yang juga mengubah gaya hidup zaman sekarang dimana semuanya ingin serba instan untuk mendapatkan suatu produk yang ingin dibeli. Jangan menggabungkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis kamu. Hal ini bertujuan agar kamu dapat melihat cash Tembak Ikan Terpercaya flow yang dihasilkan bisnis dropshipping yang kamu jalani.

Keuntungan yang tak kalah menarik dari menjadi dropshipper adalah kamu bisa bebas berjualan berbagai macam produk. Berbeda jika kamu membuka usaha dengan barang dagangan tertentu, misalnya elektronik. Dengan profesi ini, kamu bebas, asalkan bisa mengetahui tren pasar. Bisnis online memang menjadi pilihan yang menarik untuk dijalani. Dari sekian banyak banyak skema bisnis on-line, dropship menjadi salah satu skema yang menjanjikan dan banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia.

Apa itu dropshipper

Alasannya reseller biasanya membeli saham dalam jumlah yang tidak sedikit, sehingga harga beli yang didapat juga akan lebih murah dari harga beli unit tersebut. Sedangkan drop shipper hanya melakukan pembelian barang setelah ada pesanan dari konsumen. Dengan kata lain, harga beli yang diperoleh dari pemasok adalah harga beli satuan. Namun, karena kedua bisnis ini berbasis online, untuk itu, baik reseller maupun dropshipper sama-sama perlu mengeluarkan modal untuk sambungan internet. Dari sini sudah dapat disimpulkan ya, kalau dropshipper lah yang membutuhkan modal lebih sedikit. Jika Anda tertarik untuk menjalankan mannequin bisnis dropshipper atau reseller, Anda perlu tahu dulu tentang seluk beluk dari kedua bisnis tersebut.

Agar bisnis yang sedang Anda rintis dapat berjalan dengan baik, janganlah asal memilih supplier. Sebab supplierlah yang nantinya akan bertugas untuk menyediakan barang yang akan dijual. Oleh karena itu jika provider Anda merespon dengan lambat maka hal ini bisa membuat Anda kesulitan.

Bedanya, reseller membeli dan menyetok barang dari supplier dan mengambil keuntungan dari margin antara harga beli dari supplier dengan harga jual ke pelanggan. Semakin sering orang melihat nama dari bisnis online kita, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengakses web site atau media sosial kita ketika mereka ingin mencari barang. Gunakan SEO atau Search Engine Optimisation untuk mendorong web site kita agar menjadi yang terdepan ketika calon pelanggan melakukan pencarian terhadap barang yang dijual di bisnis online kita. Bisa juga menggunakan fb atau instagram advertisements, untuk mempromosikan halaman media sosial bisnis online kita. Sedangkan keunggulan utama dari pengguna sistem dropship adalah pada leluasanya waktu untuk fokus memasarkan barang dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, karena tidak perlu menyetok barang.

Namun penting dicatat bahwa kebanyakan orang mencari produk kecantikan dengan brand ternama dan unique. Meskipun demikian, dropshipper kadang mengalami kesulitan karena tidak ada fase pengecekan barang yang bisa dilakukan sendiri. Jadi, apabila ada kecacatan barang yang dikirim oleh supplier, dropshipper akan langsung dikomplain oleh pelanggan. Ini tidak terjadi pada reseller karena mereka bisa bebas mengecek barang sebelum mengirimkannya pada pelanggan. Dari sana, reseller dapat lebih bebas untuk menjual barang dengan perbedaan yang lebih tinggi.

Finn